• TRISTIONOs Calendar

    February 2009
    M T W T F S S
    « Oct   Mar »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    232425262728  
  • tYo’s File Archive

  • tYo's File Categories

  • tYo’s Music

    @import url(http://beemp3.com/player/embed.css);
    Celine Dion - The Power Of Love
    Found at bee mp3 search engine

ALIRAN SYI’AH

A. MUQADDIMAH

Tidak seperti kebiasaan firqoh-firqoh ajaran Islam yang lain, Sy n senjata Taqiyah, yaitu menampakkan atau mengucapkan sesuatu yang bertentangan i’ah menyampaikan dan menebarkan ajarannya dengan menggunaka dengan isi hatinya. Atau dengan bahasa populer munafik.

Taqiyah bagi Syi’ah adalah sembilan persepuluh agama, wajib dilakukan dan tidak boleh ditinggalkan sampai Imam Mahdi datang. Barang siapa meninggalkan Taqiyah sebelum datangnya Imam Mahdi maka telah keluar dari agama Allah dan dari agama Syi’ah Imamiyyah dan menentang Allah SWT dan Rosul-Nya.

Dahulu Taqiyah dilakukan karena takut terjadinya penindasan dari pihak penguasa. Tetapi selanjutnya digunakan untuk menipu, bohong bahkan untuk menghalalkan barang yang haram dan mengharamkan barang yang halal. Taqiyah tidak hanya dilakukan antar orang Syi’ah dan lawannya, tetapi juga dilakukan antar mereka sendiri sebagai latihan, sehingga spontanitas dapat digunakan waktu menghadapi lawannya/Ahlus Sunnah wal Jama’ah. Taqiyah itu bisa berbentuk ucapan, perbuatan, tulisan bahkan ada sebuah kitab yang ditulis semata-mata untuk Taqiyah.

Denga cara taqiyah inilah, maka banyak orang Ahlus Sunnah wal Jama’ah yang terjebak mengikuti ajaran Syi’ah, bahkan ada yang mengatakan bahwa Syi’ah adalah sama dengan Ahlus Sunnah wal Jama’ah. Ini disebabkan oleh ketidak mengertiannya tentang hakikat Syi’ah.

B. PENGERTIAN SYI’AH DAN PERKEMBANGANNYA

Syi’ah menurut bahasa adalah pendukung atau pembela. Syi’ah Ali adalah pendukung atau pembela Ali. Syi’ah Mu’awiyah adalah pendukung Mu’awiyah. Pada zaman Abu Bakar, Umar dan Utsman kata Syi’ah dalam arti nama kelompok orang Islam belum dikenal. Kalau pada waktu pemilihan kholifah ke-tiga ada yang mendukung Ali, tetapi setelah ummat Islam memutuskan memilih Utsman bin Affan, maka orang-orang yang tadinya mendukung Ali, akhirnya berbai’at kepada Utsman termasuk Ali. Jadi, belum terbentuk secara faktual kelompok ummat Islam bernama Syi’ah.

Maka ketika terjadi pertikaian dan peperangan antara Ali dan Mu’awiyah, barulah kata Syi’ah muncul sebagai nama kelompok ummat Islam. Tetapi bukan hanya pendukung Ali yang disebut Syi’ah Ali dan Syi’ah Mu’awiyah. Hal itu tercantum dalam naskah perjanjian melaksanakan TAHKIM, di mana disitu diterangkan: bahwa apabila orang yang ditentukan dalam pelaksanaan tahkim itu berhakangan, maka diisi dengan orang dari Syi’ah masing-masing.

Pengertian Syi’ah Menurut Ulama Ahlus Sunnah wal Jama’ah

Kaum Syi’ah adalah kaum ar-Rifadhah, yaitu orang-orang yang menolak dan dinamakan demikian karena mereka menolak keimanan Abu Bakar dan Umar serta mereka sepakat bahwa Nabi Muhammad SAW telah menentukan Ali sebagai penggantinya dengan menyebut namanya dan mengumumkannya terang-terangan. Mereka juga berpendapat bahwa banyak sahabat Nabi SAW telah sesat, karena mereka meninggalkan ajaran dan amalan yang diperintahkannya setelah Rosulullah wafat.

C. PENDAPAT AHLUS SUNNAH WAL JAMA’AH

1. Imam Asy-Syafi’i

“Tidak pernah aku melihat golongan menurut hawa nafsu yang lebih penipu dari golongan Syi’ah”.

2. Imam Malik

“Apabila ditanya Imam Malik berkenaan mereka, maka ia berkata : “Jangan kamu bercakap dengan mereka dan jangan kamu riwayatkan (hadits) dari mereka, karena sesungguhnya mereka adalah penipu”.

3. Abdullah Ibnu Al-Mubarak

“Agama itu bagi ahli hadits, percakapan dan penghayatan bagi ahli falsafah, dan penipuan bagi golongan Syi’ah.”

4. Imam At-Thahawi

Kita semua sayang terhadap sahabat Rosulullah dan kita tidak meninggikan rasa kasih sayang terhadap seseorang dari mereka lebih dari kepatutan, dan kita juga tidak mensucikan seseorang dari mereka dari kesalahan. Kita memarahi siapa yang dimurkai oleh Rosulullah karena kesalahan mereka. Kita tidak menyebut mereka melainkan dengan kebaikan. Rasa sayang kepada mereka adalah dari agama iman dan ihsan, dan kemarahan terhadap mereka adalah kufur, munafik dan zhalim.

5. Al-Ustadz Abul A’la Maududi

Mereka itu dalam pada dakwaan, kesederhanaan mereka adalah sesungguhnya berenang-renang di dalam kekufuran seperti sel-sel putih berenang darah atau seperti ikan dalam air.

Eko Tristiono

Referensi :

1. Mengapa Kita Menolak Syi’ah, LPPI

Kumpulan Makalah Seminar Nasional Tentang Syi’ah 1997

2. Ibnu Umar, Hukum Ulama Islam Terhadap Syi’ah,Virtue Publication, 1987

8 Responses

  1. sekedar info, sunni&syiah mmpunyai 2 pndapat&2 pendirian masing2. kalau madzhab syiah membagi para shbt Nabi mnjadi 3 bagian sbgaimana tertera dlm kitab2 mereka: 1.shbat yg benar2 ta’at dan setia pd Rasulullah saw,tidak pernah melanggar&membantah,disebut diantaranya nama Ammar,Al-Asytar,Salman,Abu Dzar,dsb.
    2. shbt yg pernah brbuat sesuatu yg kurng menampakkn ksetiaannya kpd Rasul saw dan perbuatn2 mrka itu dsebutkn dlm hadis Bukhari,Muslim,dll.

  2. 3. shbt yg dianggap munafiq,orang2 spt ini msuk dlm btas kufur, yg menyatakan adanya munafik dari kalangan sahabat adlh Nabi sendiri, di dlm hadist2 yg diriwaytkn Bukhari di antaranya menyatakn: Bahwa kelak di hari kiamat Beliau saw berada di Haudh,tiba2 datang para shbt lalu mreka mau minum. Rasul mau melayani mereka,tp mreka dijauhkan dari Rasul, Rasul bertanya:”Engkau tidak tahu wahai Muhammad,apa yg tlh mrka lakukn stlh engkau wafat.”

  3. adapun kalangan kita Ahlu Sunnah,menyatakan semua sahabat tnpa kecuali adalah ‘udul’ artinya orng yg bisa dipercya,org yg baik,stidak2x mrka adlh org2 yg prnh melihat wajah Nabi saw&pernah ada diskitar Nabi itu baik&itu pendapt. ya agar tidak terlalu bnyak hal yg akan menimbulkan pertanyaan,pkoknya semua baik,sudah. jdi klo ada 1 riwayat tentang Kesalahan yg jelas di kalangan para shbt itu,kita menganggpnya itu adlh ijtihad shbt.

  4. kemudian qt ta’wilkan&tafsirkn,akhirx mrka dianggp mendpt pahala(sbg org yg mendapatkn fadhilah),dpt gnjaran. misalx dlm kasus sahabat membunuh sahabat. Mu’awiyah memerangi Ali sampai beberapa belas ribu orng sahabat gugur. qt mengatakn Muawiyah itu berijtihada&ijtihadx itu smpai memerangi Ali bin Abi Thalib,dan qt punya kaidah ushul,’Apabila hakim berijtihad,kalau benar mndapat 2 pahala,klo slh dpt 1 pahala”

  5. jadi minimal Muawiyah bin Abi Sufyan mendpt 1 pahala. begitulah sikap qt Ahlus Sunnah trhdpt para shbt. tentu masing2 madzhab mempunyai pendirian sendiri2 dlm beberapa mslh dan qt yg berpendirian spt ini seharusnya menghormati pendirian orang lain. klo Syi’ah itu mengkafirkan orang2 munafik, kita tidak berhak mengkafirkan mereka krena mrka hnya mengkfirkan sbgian shabat yg memang munafik yg telah dijelaskan di dalam Al-Qur’an&hadist.

  6. Rupanya ada tngn2 ktor wahabi yg brgrk di Indonesia,bgitu gigih mngkfirkn semua madzhab,sekte&aqidah islam. trmsuk mengkafirkn syiah&menyumpal telinga&mata qt u/tidak dpt melihat kbenaran syiah.
    mnrut saya hal itu trlalu jauh tuk dijangkau/tidak mungkn trjadi sbb Syiah telah ada sebelum madzhb Ahlus Sunnah,ajaran2 syiah tlh lama dibukukn&dibca dlm bhs Arab,parsi,Inggris dll.org bs mmbca bhw disitu ga ada sdikitpun kndungn syirik yg ditduhkn wahbi

  7. klo syiah menghormti Ali karena Nabi menyurh mencintainya,itu adlh hak mreka. klo mreka mmbenci org2 yg mmerangi Ali itupun hak mreka,sbb mmerangi Ali sama dg mmerangi Nabi sbgaimana sabdanya: ”Aku memerangi orng yg memerangi engkau(Ali) dan damai brsama orng yg damai denganmu.” hadist ini diriwytkn oleh: 1.Turmudzy juz 2 hal.319 dri shbt Zaid bin Arkam.
    2. Ahmad bin Hambal juz 2 hal.442 dri shbt Abu Hurairah
    3.Al-Hakim 3/149.
    silahkan dperiksa

  8. klo qt menyatakn bhw Syiah itu kafir hnya qt dsuruh segolongn tertentu khususx wahabi, itu tidak benar karena Syi’ah sudah jelas kdudukannya dan tidak bisa dikafirkan&ketika qt mengkafirkn Syiah sbenarx qt sudh msuk perangkp intrik yahudi. shg dg dmikian Yahudi dpt ksempatan memasukkan ide2 kotor kpd orng2 dangkal ilmunya dan sempit ahklakx,jg menteror madzhab2 dan yg kena qt sendri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: