• TRISTIONOs Calendar

    March 2009
    M T W T F S S
    « Feb   Apr »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  
  • tYo’s File Archive

  • tYo's File Categories

  • tYo’s Music

    @import url(http://beemp3.com/player/embed.css);
    Celine Dion - The Power Of Love
    Found at bee mp3 search engine

PERADABAN

A. S E J A R A H

Sejarah dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia mempunyai arti : peristiwa yang benar-benar terjadi pada waktu yang lampau. Dalam Bahasa Inggris, sejarah dikatakan dengan history yang berarti the study of past events especially the political, social and economic development of country (mempelajari peristiwa-peristiwa lampau terutama dalam masalah perkembangan politik, social dan ekonomi dari satu negara).

B. P E R A D A B A N

Peradaban berasal dari kata dasar adab yang mempunyai arti kesopanan dalam budi pekerti, sopan santun dan tingkah laku. Sedangkan setelah mendapat imbuhan per-an berubah menjadi peradaban, artinya kemajuan dan kecerdasan kebudayaan, baik secara lahiriyah maupun batiniyah.

Dalam Bahasa Arab, peradaban disebut dengan hadhoorohm, yang berasal dari kata hadhoro. Dalam Kamus Bahasa Arab Al-Munjid, hadhooroh berarti aqooma bil hadhor, yang artinya mengadakan suatu kehadiran, maksudnya adalah mendiami suatu wilayah untuk dijadikan sebagai tempat tinggal dan pusat dari segala kegiatan sehari-hari. Berbeda dengan mereka yang tidak memiliki tempat tinggal dan selalu berpindah-pindah (kaum Nomaden), maka mereka yang sudah menetap dalam suatu wilayah dan tidak lagi berpindah-pindah disebut kaum yang ber-peradaban. Karena menetap, memungkinkan bagi mereka untuk lebih meningkatkan kecerdasan kebudayaan mereka, sehingga mereka mengalami kemajuan di segala bidang.

Dalam Bahasa Inggirs, peradaban dikatakan dengan CIVILIZATION yang berasal dari kata CIVIL. Civil sendiri mempunyai arti relating to the citizens of a country, maksudnya adalah : sesuatu yang berkaitan dengan masyarakat, yang mana masyarakat tersebut berasal dari sebuah negara, atau dapat pula disebut masyarakat negara. Sedangkan civilization sendiri memiliki arti : an anvanced and organized state of human social development, maksudnya adalah : negara yang maju dan terorganisir dalam kemajuan social kemanusiaannya/ hubungan antar masyarakatnya.

Jadi, suatu negara dapat dikatakan sudah ber­-peradaban bila terjadi hubungan yang harmonis antar sesama masyarakatnya. Masyarakat yang satu akan merasa nyaman berada/ tinggal bersama-sama masyarakat yang lain. Komunitas yang berbeada aliran, ajaran, partai dan ras-nya sekalipun sudah tidak akan merasa terganggu dengan apa yang akan mereka lakukan.

C. I S L A M

Islam berasal dari kata Bahasa Arab, aslama – yuslimu – islaaman, yang artinya selamat. Islam adalah satu agama penyempurna dari agama-agama lain yang telah turun sebelum Islam. Islam turun sebagai agama yang meluruskan inti ajaran agama lain yang sudah banyak dislewengkan oleh orang-orang yang hanya ingin mendapatkan ketenaran/ pujian dari orang lain.

Sehingga, dengan memeluk agama Islam diharapkan hidup kita benar-benar telah diluruskan atas pemahaman kita tentang siapa sebenarnya Tuhan yang patut kita sembah dan agung-agungkan. Islam adalah agama terakhir yang diturunkan Allah untuk dijadikan peng-evaluasi atas segala ajaran agama lain yang sedemikian jauh dari maksud Allah menurunkan agama lain sebelum Islam. Makanya, Islam disebut sebagai agama penyempurna serta rahmat bagi alam semesta dan seisinya.

Oleh : Eko Tristiono

Referensi :

  1. Kamus Besar Bahasa Indonesia
  2. Kamus Bahasa Arab Al-Munjid
  3. Kamus Bahasa Inggris Oxford
  4. Kamus Bahasa Inggris English to Indonesia
  5. Kamus Bahasa Inggris Indonesia to English

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: