• TRISTIONOs Calendar

    March 2009
    M T W T F S S
    « Feb   Apr »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  
  • tYo’s File Archive

  • tYo's File Categories

  • tYo’s Music

    @import url(http://beemp3.com/player/embed.css);
    Celine Dion - The Power Of Love
    Found at bee mp3 search engine

Situ Gintung, Sang Danau Buatan Telah Tiada “Sementara”

situ gintung_eCo

Tanggul bendungan Situ Gintung, Tangerang Selatan, jebol tengah malam kemarin Jum’at, 27 Maret 2009 dan sampai pagi sabtu, 28 maret 2009 pukul 05.00 WIB, korban meninggal dilaporkan sudah berjumlah + 72 orang. Banyak yang bilang Situ Gintung yang berada di balik bendungan itu terlalu penuh air akibat hujan lebat, dikarenakan sudah tidak kuat lagi menahan ari, maka tanggul di bagian tengah jebol.

Danau buatan yang dalamnya + 15 meter ini memang sudah tua, dibangun pada masa penjajahan Belanda, karena kurang terawat dan unsur tata ruang yang kurang mengutamakan keselamatan penduduk sekitar akhirnya danau ini jebol juga.

Seandainya saja tanggul disekeliling waduk ini ditanami pohon-pohon besar, makan lain ceritanya, karena kebanyakan di sekieliling tanggul tersebut hanya banyak terdapat pepohonan dengan akar tunggang, seperti palm, dll. Makanya ketika msim hujan tekanan air waduk ini sangat kuat dan tanggul yang lemah akhirnya jebol.

Luapan air berkekuatan besar yang dipenuhi dengan sampah menerjang perumahan, menghanyutkan mobil dan menumbangkan pohon-pohon dan tiang telepon. “Warga masih tidur dan tidak bisa berbuat apapun,” ujar warga setempat Hamdi Irawan. Meskipun bantuan telah mulai berdatangan, namun hingga saat ini, warga sekitar Gintung masih diliputi trauma, apalagi ketika awan gelap yang menyelimuti langit Ciputat dan sekitarnya mulai menurunkan hujan gerimis, ratusan warga yang tadinya menyaksikan proses evakuasi tiba-tiba lari kocar-kacir menuju jalan raya.

Sementara itu, tim evakuasi yang terdiri dari berbagai pihak masih terus melakukan usaha pencarian korban yang belum ditemukan. Warga yang selamat dan mengalami cedera dirawat di beberapa pos medis, antara lain di STIE Ahmad Dahlan, Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), posko UIN Syarif Hidayatyullah dan beberapa tenda-tenda darurat di sekitar tempat terjadinya musibah. (tristiono)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: